Cara Menentukan Nomor Mata Pancing Sesuai Jenis Ikan yang Ingin Ditangkap

Mata pancing atau yang lebih dikenal sebagai kail, merupakan salah satu sarana penting yang digunakan untuk memancing ikan. Item yang satu ini mudah sekali dijumpai di pasaran dengan harga yang juga terbilang murah. Umumnya tanpa keberadaan kail maka akan sangat sulit untuk mendapatkan ikan, bahkan kesalahan dalam pemilihannya sendiri juga sangat mempengaruhi peruntungan dalam menangkapnya, itulah mengapa penting bagi Anda dalam pilah-pilih terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

 

Memancing pada dasarnya memang sudah menjadi salah satu kegiatan hobby yang menyenangkan untuk beberapa kalangan, diantaranya adalah untuk pria dalam menghabiskan waktu senggang, biasanya mereka akan berburu ikan tersebut di sungai atau sekedar datang ke kolam pemancingan. Namun bagi mereka yang senang akan sebuah tantangan maka akan melakukan olahraga yang satu ini di laut, karena ikan yang ditangkap ukurannya bisa jauh lebih besar.

 

Persiapan sarana atau peralatan memang termasuk bagian yang sangat penting untuk dilakukan, semakin berkualitas sarana yang dipakai, maka nantinya kemungkinan untuk dapatkan ikan juga kian tinggi, pastikan juga untuk pergi memancing di saat cuaca benar-benar bagus. Karena kenyataannya hal ini juga sangat mempengaruhi perolehannya nanti. Pemilihan ukuran mata pancing ini tak kalah penting, sehingga kemungkinan untuk membawa pulang lebih banyak ikan jadi kian tinggi. Khusus untuk memilih ukuran ini sendiri hendaknya harus disesuaikan dengan ikan incaran atau yang ingin ditangkap, berikut ini setidaknya yang harus Anda ketahui ukuran kail untuk jenis ikan laut, yaitu:

 

  1. Ikan sailfish, jenis ikan ini biasanya banyak ditemukan di laut, karena memang ukurannya yang cukup besar, maka membutuhkan kail yang besar juga, ukuran terbaik untuk dipakai dalam memancingnya adalah sebesar 13/0 atau yang paling kecil adalah ukuran 10/0. Kail dengan ukuran yang kecil biasanya kurang efektif menariknya, sangat mudah terlepas.
  2. Ikan tarpon, kisaran kail yang digunakan dalam memancing ikan laut ini di bawah sailfish, yaitu sekitar 7/0 hingga angka 10/0.
  3. Tuna, ikan jenis ini paling banyak diburu oleh masyarakat, karena rasa dagingnya yang enak, juga ukurannya terbilang lumayan besar, untuk memancingnya sebaiknya gunakan jenis kail tipe martu, sedangkan untuk nomor atau ukurannya sendiri paling tepat memilih yang 7/0 sampai 10/0.
  4. Weakfish, dari segi ukuran ikan yang satu ini tidak terlalu besar, juga tarikannya terbilang lemah jika dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya, ukuran kail yang paling cocok dipakai adalah 4/0.
  5. Bluefish, ikan ini hidup di daerah lautan yang agak dalam, sehingga harus memakai senar pancing yang agak panjang jika tertarik untuk menangkapnya, untuk ukuran kail yang paling tepat digunakan adalah 4/0.
  6. Ikan stripbass, jenis ikan yang satu ini memerlukan kail dengan ukuran yang agak besar, yaitu sekitar 7/0 hingga 10/0.
  7. Ikan croaker, kingfish, porgy, seabass, ini adalah jenis ikan-ikan kecil di laut yang umumnya bisa ditemukan di perairan dangkal sehingga mudah untuk didapatkan, untuk memancingnya maka tak membutuhkan ukuran kail yang besar, cukup dengan nilai 1/0 hingga 3/0 saja sudah bisa dipakai untuk memancing.

 

Memang gampang-gampang susah menentukan ukuran mata pancing yang tepat sesuai dengan jenis ikan yang akan ditangkap, tak boleh sembarangan jika tak ingin gagal mendapatkan ikan ini, apalagi untuk jenis ikan laut, meskipun banyak jumlahnya, namun sulit ditangkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *