7 Ragam Jenis Rujak yang Menyegarkan

Mengonsumsi minuman dingin atau menyantap yang segar-segar di tengah panasnya cuaca memang menjadi pilihan yang tepat pada siang hari bolong. Salah satu yang sering dicari masyarakat adalah rujak. Segarnya varian buah yang dipadukan dengan siraman saus kacang pedas manis berhasil membuat banyak orang merasa segar kembali di sela-sela aktivitas yang melelahkan. Namun, tahukah Anda jika Indonesia memiliki jenis rujak yang berbeda di tiap daerahnya? Ya, tiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, entah sausnya yang berbeda atau ditambahkan panganan lainnya. Supaya tidak penasaran, berikut adalah beberapa jenis rujak yang tersebar di Indonesia.

Ragam Jenis Rujak di Indonesia

1. Rujak Juhi

Bukan buah segar, melainkan juhi atau cumi kering panggang yang menjadi andalan dari menu rujak juhi ini. Juhi tersebut dipadukan dengan mie kuning, irisan mentimun, daun selada atau kol, dan kentang yang disiram dengan sambal kacang. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan emping atau kerupuk emping. Rasa gurih dari sajian ini pun siap menggoyang lidah.

2. Rujak U Groeh

Jenis rujak yang satu ini berasal dari tanah Aceh, terutama Aceh Besar. Bahan utama dari isian rujak u groeh ini adalah batok kelapa rapuh yang terasa rembut nan renyah saat Anda menyantapnya. Untuk bumbu dari rujak ini merupakan campuran gula merah, cabai, tepung roti, dan perasan jeruk nipis. Tentunya, Anda jadi penasaran akan rasa dan kelezatan rujak ini, bukan?

3. Rujak Petis

Berasal dari Jawa Timur, rujak petis ini bisa dengan mudah Anda temui ketika berkunjung ke daerah-daerah di Jawa Timur. Tak hanya buah saja, jenis rujak ini mencampurkan sayuran segar serta tempe dan tahu. Yang membuat rujak petis ini spesial adalah adanya perpaduan antara sambal petis udang dan sambal kacang.

4. Rujak Terasi

Selain ayam taliwang, Lombok juga memiliki rujak terasi yang tak kalah sedap. Rujak terasi sama halnya dengan rujak buah pada umumnya yang terdiri dari kedondong, mangga muda, pepaya, nanas, timun, dan buah potong lainnya. Yang membuat rujak ini beda dari rujak buah yang biasa Anda temui adalah saus kombinasi antara saus gula merah dan kuah merah yang segar banget.

5. Rujak Kuah Pindang

Bergeser sedikit dari Lombok, Bali juga memiliki sajian rujak khasnya, yaitu rujak kuah pindang. Rujak ini juga menggunakan buah-buahan segar seperti mangga muda, pepaya muda, jeruk Bali, dan kedondong. Namun, yang membuat rujak ini spesial adalah siraman kuah kepala ikan pindang yang gurih nan pedas. Cocok disantap di panasnya cuaca Bali.

6. Rujak Es Krim

Setelah lelah mengelilingi indahnya tempat wisata di Joga, kini saatnya Anda untuk menyantap yang segar-segar, salah satunya adalah rujak es krim. Pada dasarnya, rujak es krim ini merupakan rujak buah serut yang diberi siraman kuah sambal serta es puter sebagai toppingnya. Duh, kesegaran tiada tara!

7. Rujak Mie

Selain pempek yang nikmat, Palembang juga memiliki rujak mie yang ternyata merupakan hasil perpaduan anatara pempek dan rujak. Bukan buah-buahan segar, melainkan mie kuning sebagai bahan utamanya. Dalam satu porsi rujak mie ini berisi mie kuning dan sohun yang ditambahkan potongan timun, pempek, dan disiram kuah cuko yang pedas-gurih-manis. Yummy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *