5 Tips untuk Menghilangkan Noda Luntur

Kesal tidak sih jika baju kesayangan Anda kena noda luntur? Pasti mood langsung berubah drastis jika kejadian seperti ini. Pakaian yang sebelumnya nampak bersih dan menarik, kini berubah menjadi jelek jika kena noda luntur. Salah satu cara yang paling sering dilakukan kalau sudah kena noda luntur adalah dengan menggunakan cairan pemutih. Sayangnya, cairan pemutih tersebut tidak selalu berhasil dan malah membuat warna dan serat pakaian jadi semakin kumal dan rusak. Jangan khawatir dulu, Anda bisa melakukan beberapa tips ini untuk menghilangkan noda luntur di pakaian favorit Anda.

Tips untuk Menghilangkan Noda Luntur

1. Baking Soda dan Detergen

Apabila noda luntur pada baju Anda tak terlalu parah, maka cara ini bisa menjadi andalannya. Campurkan detergen dan baking soda. Setelah tercampur rata, oleskan campran tersebut ke area noda luntur. Setelah dirasa cukup, lanjutkan dengan merendam pakaian tersebut dan cuci hingga bersih.

2. Irisan Jeruk Nipis

Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis ternyata dapat membantu Anda untuk menghilangan noda luntur pada baju kesayangan. Caranya adalah gosokkan irisan jeruk nipis pada area baju yang luntur, lalu bilas dengan air dan cuci seperti biasa dengan detergen.

3. Bubuk Citrun dan Detergen

Campuran bubuk citrun dan detergen juga dapat menghilangan noda luntur pada pakaian. Larutkan bubuk citrun, detergen, dan air secukupnya. Kemudian, gunakan sebagai air rendaman untuk baju yang kena noda luntur, diamkan sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih. Anda bisa dengan mudah menemukan bubuk citrun di pasar atau warung sekitar.

4. Cairan Alkohol

Khusus untuk noda luntur akibat tinta, Anda bisa menggunakan cairan alkohol untuk menghilangkannya. Cukup gosokkan air alkohol pada area baju yang terkena noda luntur, lalu bersihkan dalam air detergen selama beberapa kali hingga noda tinta tersebut hilang.

5. Larutan Vetsin dan Detergen

Kombinasi yang dihasilkan dari larutan vetsin dan detergen juga dapat membuat tampilan pakaian Anda bersih dari noda luntur. Caranya adalah siapkan wadah yang berisi air hangat, lalu larutkan vetsin dan deterjen dengan rasio 3:2. Kemudian, rendam baju yang terkena luntur selama 30 menit atau tergantung pada tingkat keparahan dari noda luntur itu sendiri. Setelah dirasa cukup, bilas dengan air dingin, lalu cuci seperti biasa sampai bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *