4 Hal Penting yang Harus Anda Persiapkan saat Ingin Bangun Rumah

Sebagian besar orang lebih memilih bangun rumah sendiri daripada rumah jadi di kompleks perumahan. Selain dianggap lebih murah dan bisa didesain sesuai keinginan, rumah yang dibangun sendiri juga membuat bertambahnya pengetahuan Anda tentang persiapan yang diperlukan. Tapi, sebenarnya apa saja yang harus dipersiapkan? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Bujet ‘Mentah’ dan ‘Matang’

Hal penting pertama yang perlu Anda persiapkan saat ingin membangun rumah tentu tidak jauh-jauh dari dana atau bujet yang dibutuhkan, baik ‘mentah’ maupun ‘matang’. Bujet ‘mentah’ berarti dana yang dibutuhkan untuk membeli bahan-bahan bangunan. Mulai dari batu untuk pondasi, batu bata, semen, pasir, genting, kayu, paku, dan lainnya.

Sementara bujet ‘matang’ meliputi bahan apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi interior rumah Anda. Misalnya, ranjang atau tempat tidur, lemari, set kursi atau sofa untuk ruang tamu, set kursi untuk dapur, dan furnitur lainnya sebagai pendukung kebutuhan Anda selama tinggal di dalam rumah tersebut nantinya.

  1. Desain Rumah yang Diinginkan

Rumah seperti apa yang Anda inginkan? Poin kedua inilah yang penting pula untuk Anda persiapkan. Meskipun tidak bisa membuat desain seperti arsitektur atau tenaga profesional lainnya, setidaknya buat skesta yang mampu mendeskripsikan rumah impian Anda. Lagipula, saat ini sudah banyak denah rumah unik dan menarik yang bersileweran di internet.

Jadi, Anda hanya perlu mengambil contoh dari satu atau gabungan dari beberapanya. Kemudian, bisa juga dikombinasikan dengan ide Anda sendiri. Tapi, jika ingin menyewa jasa arsitek, Anda juga perlu mempertimbangkan dana tambahan untuk membayar jasanya. Mereka akan membuat denah terbaik dengan gambar detail sampai ke ukuran tanahnya.

  1. Mencari Pekerja

Saat ingin bangun rumah, hal berikutnya yang perlu Anda persiapkan yaitu mencari pekerja yang akan membangunnya. Hampir di setiap pelosok Indonesia, pekerja bangunan selalu mudah untuk ditemukan. Akan tetapi, tidak mudah untuk mencari orang yang benar-benar jujur dan profesional.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk rutin mengontrol pekerjaan mereka setiap hari. Kalaupun sibuk, Anda bisa meminta tolong pada anggota keluarga yang lain untuk mengontrolnya. Tindakan ini bukan berarti buruk sangka, melainkan tindakan waspada. Karena, tidak sedikit pekerja yang malas-malasan dan mengambil bahan bangunan.

  1. Menentukan Sistem Kerja

Hal terakhir yang perlu Anda persiapkan adalah bagaimana menentukan sistem kerjanya. Anda bisa memilih sistem kerja harian atau borongan yang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jika harian, Anda bisa bayar Rp100-Rp150 ribu/orang/hari. Sedangkan untuk borongan, bisa bayar Rp4-Rp6 juta/orang. Pastikan juga untuk memilih satu orang yang paling dipercaya untuk menjadi mandornya. Terkait pekerja untuk bangun rumah, Anda juga bisa meminta tolong pada keluarga atu kerabat untuk mencarikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *